1.
Definisi New Media
Arti dari new media adalah perantara baru. Namun
pengartian secara istilah adalah perubahan media yang dulu dalam media yang
terbentuk dari interaksi antara manusia dan komputer dan internet secara
khususnya. Termasuk di dalamnya adalah web,blog,online social network dll yang
menggunakan komputer sebagai medianya. . Media baru memungkinkan
akses tanpa batas, kapan saja, dimana
saja dan dengan perangkat digital apapun. Perangkat yang mendukung untuk
menyediakan fasilitas umpan balik secara langsung, berbagai partisipasi kreatif,
dan terbentuknya berbagai komunitas yang mengiringi konten-konten media.
Menurut Everett M. Rogers (dalam Abrar, 2003:17-18)
merangkumkan perkembangan media komunikasi ke dalam empat era. Pertama, era
komunikasi tulisan, Kedua, era komunikasi cetak, Ketiga, era telekomunikasi,
dan Keempat, era komunikasi interaktif. Media baru adalah media yang berkembang
pada era komunikasi interaktif. Ron Rice mendefinisikan media baru adalah media
teknologi komunikasi yang melibatkan komputer di dalamnya (baik mainframe, PC
maupun Notebook) yang memfasilitasi penggunanya untuk berinteraksi antar sesama
pengguna ataupun dengan informasi yang diinginkan. Sementara menurut McQuail,
media baru adalah tempat dimana seluruh pesan komunikasi terdesentralisasi;
distribusi pesan lewat satelite meningkatkan penggunaan jaringan kabel dan
komputer, keterlibatan audiens dalam proses komunikasi yang semakin meningkat.
2.
Pandangan tentang New Media
Pandangan terhadap new media dapat berpengaruh positif dan negatif.
Berpengaruh positifnya info dari media sangat mudah dan sangat cepat,dapat di
akses di mana pun serta mendapatkannya sangat lah murah. Pengaruh negatif new
media terhadat manusia adalah info dari media tersebut tanpa batas dan dapat
masuknya budaya luar melalui media baru ini,jika tidak di dasarkan kepada ilmu
pengetahuan maka akan menimbulkan hal-hal yang negatif terhadap masyarakat.
Pandangan new media dari masyarakat sekitar, karena
masyarakat selalu berhubungan dengan adanya new media misalnya internet yang
mencakup jejaring sosial, televisi analog,iPhone maupun game. Berikut adalah
pandangan masyarakat:
- Luasnya jejaring sosial yang
bisa menghubungkan semua user di seluruh dunia bisa berkomunikasi dengan
mudah.
- Kesepian, hal ini yang memicu
masyarakat untuk bermain game di internet maupun online jejaring sosial,
tetapi dampak negatif dari faktor ini adalah terkadang masyarakat bisa
terasingkan dari dunia luar(nyata) karena terlalu fokus pada new media di
dunia maya
3.
Manfaat New Media
Manfaat New Media
sangat banyak kita temukan dalam kehidupan sehari-hari ,seperti beberapa
bidang-bidang berikut ini:
-Bidang Pendidikan
Dapat menjadi sarana
belajar dan saling bertukar informasi untuk
pelajar bahkan dapat digunakan untuk mencari
sumber informasi seperti Wikipedia dan lainnya,dan sistem baru yang disebut
E-learning yang memudahkan sistem pembelajaran.
-Bidang Bisnis
Sangat berguna sebagai
perantara Jual beli secara online sehingga memudahkan para penjual maupun
pembeli untuk bertransaksi contohya seperti Toko Bagus,Rakuten dan Online Shop
lainnya.
-Bidang Sosial
New media berpengaruh
besar dalam bidang Sosial atau disebut Jejaring social yag berfungsi sebagai
medium Komunikasi bagi para pengguna internet untuk bersosialisasi contohnya facebook,Twitter,Hello
Path dan media social lainnya
-Bidang
Informasi(berita)
New Media memegang
peranan penting dalam bagian ini karena berfungsi sebagai penghantar
informasi dan memberitakan kabar-kabar atau hal-hal yang terbaru
untuk para pembaca nya.contoh kompas.com,detikcom
-Bidang Pekerjaan
Sebagai media untuk
mencari,memberitakan,memuat sebuah lowongan kerja sehingga memudahkan para
penggunanya.contoh jobsdb
4.
Komponen New Media
Pada new media ada
beberapa komponen seperti Pembuat,penyalur dan pemakai
-Pembuat merupakan
orang yang menciptakan wadah atau sarana new media itu sendiri komponen ini
berperan sebagai pencipta atau pembentuk new media.
-Penyalur adalah
sebuah perantara yang menghantarkan sarana media atau bisa disebut media yang
berfungsi mengahantarkan pemakai untuk memakai sarana itu sendiri.
-Sedangkan Pemakai adalah
orang yang berperan sebagai konsumen sebuah sarana media atau new media yang
berfungsi untuk memakai new media.
5.
Aplikasi New Media
New media sendiri tercipta dari interaksi
antara masyarakat dengan computer dan internet ,dan saat ini peimplementsian
new media sudah semakin banyak dan semakin kompleks bahkan semakin berkembang
kegunaanya dari sekedar member informasi sampai bersosialisasi dan bahkan
sebagai media hiburan contohnya.
1.Jejaring Sosial
Dalam bidang
jejaring social dapat kita temukan banyak sekali kegunaan atau peran new media
contoh peimplementasiannya seperti facebook,twitter dan lain-lain
2.Sarana hiburan
Dalam bidang ini pengimplementasian
new media sangat nyata contohnya seperti Youtube,vimeoo yang digunakan untuk
melihat,mengupload atau bahkan mendownload sebuah video di internet.
3.Sarana
Informasi(berita)
Dalam bidang ini new
media diimplementasikan sebagai media informasi untuk melihat berita contoh nya
detikcom,kompas.com dan lainnya.
4.Sarana Jual beli
Dalam bidang ini new
media diimplementasikan sebagai media jual beli untuk pembeli dan penjual
seperti Berniaga.com,Toko Bagus.com dan lain-lain.
Dari beberapa pengaplikasian
diatas saya mengambil 1 contohnya:
Yaitu Facebook
yang mengimplementasikan new media sebagai media social dengan
memanfaatkan koneksi internet dengan begitu para pengguna dari seluruh dunia
dapat terhubung satu sama lain dan bisa berinteraksi.
Bbeberapa contoh aplikasi didalam internet yang
mengembangkan new media, yaitu:
Google, altavista, yahoo dan website
sejenisnya yang merupakan aplikasi pencarian sejumlah kata yang terdapat
didalam website untuk mencari berita.
- CNN, BBC, detik, okezone dan berbagai website
sejenisnya yang dibuat untuk memberikan berita secara cepat sebagai
pengganti koran/majalah.
- Youtube, seleb.tv, metacave dan
website sejenisnya yang menyediakan layanan membagikan video atau
menampilkannya sebagai sarana hiburan dan berita secara audio visual.
- Twitter, facebook, friendster dan website
sejenisnya yang menyediakan layanan mini blog dan social network sebagai
sarana komunikasi langsung yang sengaja dibagikan kepata publik.
- BSE, e-dukasi.net, ilmukomputer,com yang menyediakan
layanan pendidikan secara online berupa pembahasan-pembahasan materi
pendidikan dan ada yang menyediakan buku elektronik (e-book), dsb.
SUMBER :
1. http://jhens-fernando.blogspot.com/2012/10/konsep-dasar-new-media.html
3. http://elib.unikom.ac.id/files/disk1/492/jbptunikompp-gdl-biyonosugi-24562-3-unikom_b-i.pdf
4. http://lhiasusan20.blogspot.com/2013/11/new-media-definisi-pandangan-manfaat.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar