PATH
Pengertian PATH
Path adalah media sosial privat yang berjalan di perangkat mobile,
memungkinkan pengguna berbagi pesan dan foto. Media sosial satu ini unik karena
menyasar segmen muda agar mereka tetap terhubung dengan keluarga dan
teman-teman dekat, sehingga jumlah teman dibatasi hanya 150 per akun..
Penggunaan Path berbeda dari jejaring sosial lainnya di mana hanya pengguna
yang telah disetujui yang dapat mengakses halaman Path seseorang. Status
privasi dari aplikasi ini menjadikan Path lebih eksklusif dari berbagai
jejaring sosial yang ada.
Sejarah Perkembangan PATH
Penggalangan dana untuk mendirikian Path diawali oleh 3 pendiri Path yaitu
Dave Morin, Shawn Fanning, dan Dustin Mierau. Penggalangan dana ini berhasil
mengumpulkan beberapa penyumbang di antaranya Ron Conway, Paul Buchheit, Ashton
Kutcher, dll. Pada bulan februari 2011, perusahaan ini berhasil menggalang dana
sebesar $8.5 juta untuk modal dasar yang berasal dari Kleiner Perkins Caufield
& Byers dan Index Ventures serta Digital Garage dari Jepang. Pada
bulan November dan Desember 2011, Path meluncurkan beberapa fitur baru dan
meningkatkan penggunanya dari 30.000 menjadi lebih dari 300.000 dalam waktu
kurang dari 1 bulan. Pada Februari 2012, perusahaan ini dikritik secara luas
karena aplikasi ini mengakses dan menimpan kontak yang ada di dalam telepon
selular pengguna tanpa persetujuan dari pengguna sendiri. Dalam sebuah blog
yang diunggah oleh CEO Path sendiri, perusahaan meminta maaf dan menyatakan
bahwa Path telah mengubah praktik ini. Bagaimanapun, pada Maret 2012,
perusahaan mendapatkan permintaan untuk memberikan informasi dari representatif
kongres Henry A. Waxman dan G. K. Butterfield beserta 33 pengembang aplikasi
lainnya yang menanyakan secara detail informasi apa saja yang telah dikumpulkan
dari pengguna Path dan bagaimana mereka menggunakannya. Pada Februari 2013,
perusahaan ini dikenai denda sebesar $800.000 oleh FTC karena menyimpan data
dari pengguna di bawah umur dan diharuskan untuk evaluasi atas kebijakan
privasi setiap 2 tahunselama 20 tahun ke depan.
Fitur – Fitur PATH
1.
Profile
2.
Share Moment
3.
Sticker Shop
4.
Upload Photo and Video
5.
Location Update
6.
Music, Film and Book.
7.
Update Status
8.
Sleep and Awake Fitur
unik ini menandakan bahwa user sedang tidur atau bangun tidur, serta dapat
menghitung jangka waktu dari saat tombol tidur ditekan sampai tombol bangun
ditekan. Ketika user mengaktifkan fitur ini maka dengans sendirinya muncul
status tidur di halaman user juga user lain.
9.
Message Fitur
10.
Comment User
11.
Emoticons
12.Viewer
Kelebihan dan Kekurangan PATH
Dalam
penggunaannya kita juga diminta lebih cerdas, jika di twitter kita dibatasi 140
character dalam setiap tweetnya. Berbeda dengan Path, kita dibatasi bukan
dalam hal postingannya tetapi dibatasi dalam jumlah interaksi dengan user lain
dalam kata lain teman di Path yaitu 150 teman saja(tetapi sekarang
sudah ditambah menjadi 500 teman).
Banyaknya
kategori posting-an ini merupakan salah satu kelebihan Path. Namun hal ini bisa
juga menjadi kekurangannya karena terdapat risiko pengguna akan over-sharing
atau terlalu banyak berbagi informasi dalam timeline miliknya. Namun hal ini
menjadikan Path lebih Eksklusif dan menjaga privasi dari
penggunanya.
Dan satu
lagi, berbedanya Path dengan jejaring sosial lainnya,
jika dijejaring social lainnya sering kita lihat kolom
iklan atau ads side dan promosi lainnya, di Path kita tidak akan
menemukan hal seperti itu, ini menjadikan Path lebih terfokus kepada
penggunanya sendiri.Dengan kata lain, Path menggabungkan beberapa
fitur yang terdapat di jejaring sosial lain ke dalam satu kemudahan.
Keunikan PATH
Keunikan Path ada pada pembatasan pertemanan yang tadinya maksimal hanya
150 orang sekarang menjadi 500 orang. Dengan pembatasan ini, Path berupaya
mengarahkan kegiatan orang yang benar-benar saling mengenal. Selain itu,
pengaturan bawaan aplikasi Path ini diatur sebagai private sehingga, selain
teman yang telah diterima, tidak ada yang bisa melihat posting pengguna.
Cara penggunaan Path :
INSTAGRAM
Pengertian INSTAGRAM
Instagram adalah sebuah aplikasi untuk berbagi foto yang dapat dilihat oleh
Followers dari pengunggah foto tersebut dan dapat saling memberikan komentar
antara sesamanya. Nama Instagram sendiri berasal dari insta dan gram, “insta”
yang berasal dari kata instant dan “gram” yang berasal dari telegram, dapat
disimpulkan dari namanya yang berarti menginformasikan atau membagikan foto
kepada orang lain dengan cepat. Salah satu yang unik dari Instagram adalah
foto yang berbentuk persegi, ini terlihat seperti kamera Polaroid dan kodak
Instamatic bukan seperti foto umumnya yang menggunakan rasio.
Sejarah Perkembangan INSTAGRAM
Pada tahun 2010 perusahaan Burbn, Inc
adalah sebuah perusahaan startup yang fokusnya khusus untuk pengembangan
aplikasi untuk telepon genggam. Pada awalnya mereka hanya fokus di HTML5
mobile. Dalam perkembangannya kedua CEO Mike Krieger dan Kevin Systrom memutuskan
untuk lebih fokus pada satu bagian saja. Setelah mencari ide selama satu
minggu mereka akhirnya membuat versi pertama dari Burbn. Awalnya masih kurang
sempurna tetapi semakin lama semakin baik hasilnya. Setelah sudah selesai
aplikasi ini terdapat di dalam iphone tetapi di dalamnya terlalu banyak
fitur-fitur, mereka berusaha untuk mengurangi beberapa fitur yang ada namun
karena sulit mereka akhirnya memulai kembali dari awal dan memfokuskan kepada
foto, komentar dan kemampuan untuk menyukai foto-foto yang ada. Itulah yang
akhirnya menjadi Instagram pada tanggal 9 April 2012, dengan perkiraan nilai $1
miliar situs jejaring sosial Facebook mengambil
alih Instagram.
Pengguna INSTAGRAM
Pengguna instagram menurut data
statistika yaitu sekitar 1 miliar pengguna , tidak hanya itu instagram mampu
menembus 100 juta pengguna aktif bulanan. Dikutip dari Instagram Press, selain 100 juta pengguna aktif
bulanan, Instagram juga mencetak rekor-rekor tersendiri. Seperti 40 juta foto
harian, 8.500 like per detik, dan 1.000
komentar per detik.
Keunikan INSTAGRAM
Keunikan instagram yaitu jejaring yang fokus utamanya yaitu pada kemudahan
berbagi foto dan membaginya lewat jejaring sosial lainnya seperti facebook,
twitter, tumblr, foursquare, dll. Tidak hanya kemudahan berbagi foto, momen
khusus, instagram juga menghadirkan filter foto, yaitu berfungsi untuk
memberikan efek menarik terhadap foto yang kita ambil dan yang akan kita
bagikan kepada teman kita.
Fokus INSTAGRAM
Fokus pada pengalaman berbagi foto kepada teman dengan menghadirkan
berbagai pilihan filter menjadikan Instagram sangat populer. Tampilan yang
menarik dan sederhana juga pilihan yang beragam menjadikan aplikasi ini
portofolio untuk koleksi-koleksi foto Anda. Terhitung 20 filter dapat dipilih
untuk menampilkan hasil foto yang lebih baik dan kreatif.
Kelebihan INSTAGRAM
1.
Pasar yang melek teknologi. Salah satu
kelebihan berjualan lewat Instagram adalah pengguna Instagram sudah ‘terjamin’
melek teknologi. Artinya, mereka yang aktif di Instagram pastilah aktif pula di
Twitter dan mungkin juga Facebook. Karena itu, sangat tepat bila Anda
mempromosikan produk Anda melalui Instagram dan dibantu jejaring sosial
lainnya.
2.
Pengguna Instagram pastilah
memiliki gadget yang mendukung aplikasi tersebut, yaitu
android phones maupun iPhone. Ini berarti Instagram memiliki pengguna yang
rata-rata kelas menengah ke atas. Hal ini menguntungkan bagi Anda, karena calon
konsumen Anda kemungkinan besar mempunyai ‘kantong’ yang cukup dalam.
3.
Display produk yang simple. Karena
Instagram memang digunakan sebagai aplikasi berbagi foto, fitur-fitur yang
tersedia di Instagram akan mendukung gambar produk yang Anda upload di
dalamnya.
4.
Di Instagram, kebanyakan fotonya
menggunakan hashtag. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk menggunakan hashtag
agar memudahkan calon pembeli menemukan produk Anda.
Kekurangan INSTAGRAM
1. Instagram hampir tidak mempunyai fitur yang mendukung online shop. Bisa jadi ini adalah kekurangan paling
fatal yang akan Anda alami jika berjualan melalui Instagram. Kalau Anda
berjualan di Instagram ya, seadanya.
2. Karena berbasis smartphones,
foto-foto yang ada di Instagram berukuran kecil dan sering kali tidak kelihatan
jelas. Lebih baik memajang display produk Anda melalui Facebook yang bisa
diakses di komputer ketimbang di Instagram yang resolusi fotonya kecil.
3. Sekarang, Instagram mulai mengembangkan InstaMessage, yaitu fitur chat untuk antar pengguna Instagram. Namun masih
banyak sekali pengguna Instagram yang belum menggunakan fitur ini, sehingga
untuk berkomunikasi antar-pengguna Instagram harus melalui media komunikasi
yang lain seperti LINE, Blackberry Messenger atau WhatsApp.
4. Terlalu banyak online shop lain
yang menjual barang yang persis sama, sehingga pembeli dengan mudah akan
beralih ke online shop lain. Anda harus pintar-pintar membuat pembeli loyal
kepada Anda.
Fitur – Fitur INSTAGRAM
·
Pengikut / followers
·
Unggah Foto
·
Camera
·
Effect Photo’s
·
Judul Foto / Nama Foto
·
Arroba ( et/@ )
·
Label Foto
·
Contest
·
Publikasi kegiatan sosial ( #/ hastag )
·
Publikasi Organisasi
·
Geotagging
·
Jejaring Sosial
·
Tanda Suka (Like)
Cara penggunaan Instagram :
YOUTUBE
Analisa pada YouTube
YouTube
adalah sebuah situs web berbagi video yang dibuat oleh tiga mantan karyawan
PayPal Chad Hurley, Steve Chen dan Jawed Karim pada Februari 2005.
YouTube berawal sebagai sebuah perusahaan teknologi rintisan yang didanai oleh
investasi senilai $11,5 juta dari Sequoia Capital antara November 2005 dan
April 2006. Kantor pertama YouTube terletak di atas sebuah pizzeria dan
restoran Jepang di San Mateo, California. Nama domainhttp://www.youtube.com aktif pada 14 Februari 2005 dan situs ini dikembangkan pada
bulan-bulan berikutnya. Situs ini memungkinkan pengguna mengunggah, menonton,
dan berbagi video. Kebanyakan konten di YouTube diunggah oleh individu,
meskipun perusahaan-perusahaan media seperti CBS, BBC, Vevo, Hulu, dan
organisasi lain sudah mengunggah material mereka ke situs ini sebagai bagian
dari program kemitraan YouTube.Pengguna tak terdaftar dapat menonton video,
sementara pengguna terdaftar dapat mengunggah video dalam jumlah tak terbatas.
Video-video yang dianggap berisi konten ofensif hanya bisa ditonton oleh pengguna
terdaftar berusia 18 tahun atau lebih. Pada November 2006, YouTube, LLC dibeli
oleh Google dengan nilai US$1,65 miliar dan resmi beroperasi sebagai anak
perusahaan Google.
Fitur pada YouTube
Adapun fitur yang
terdapat dalam youtube adalah sebagai berikut:
- Teknologi video
- Playback
- Pengunggahan
- Kualitas dan codec
- Video 3D
- Keteraksesan konten
- Platform
- Lokalisas
Manfaat Youtube
Adapun
beberapa manfaat lain bagi para pengguna youtube adalah sarana untuk memasarkan
produk. Bagi anda yang memiliki usaha dapat menggunakan website ini dengan cara
mengupload video anda tersebut ke youtube sehingga bisa dibilang sebagai sarana
iklan yang gratis. Manfaat lainnya adalah dapat berbagai ilmu. Bukan hanya
sebagai sarana hiburan, namun beberapa pengguna youtube juga mengupload
bermacam-macam tutorial yang sangat berguna. Contohnya seperti resep masakan
atau tutorial untuk memainkan alat musik sehingga anda tidak harus kursus
jauh-jauh atau mengeluarkan biaya yang banyak.
Kelebihan dan Kekurangan YouTube
- Kelebihan
- Bisa melihat dan
mengupload video yang kita suka
- Sebagai ajang promosi
diri
- Bisa mendownload
setiap video
- Bisa belajar
streaming, banyak video bermanfaat
- Ukurannya ada yang HD,
bisa di download
- Videonya banyak
- Kekurangan
- Bisa disalahgunakan
penggunanya
- Banyak informasi yang
menyesatkan
- Banyak negara yang
memblok Youtube
- Karena terlalu bebas
upload jadi banyak video yang tidak berguna atau video pornografi yang
terupload
- gambarnya tersendat
sendat
- Banyak video dengan
kualitas buruk
- Tidak cocok untuk slow
conection
- Tidak bisa download secara langsung
Cara penggunaan Youtube :
YAHOO
Sejarah
Yahoo! Inc. adalah sebuah perusahaan Internet multinasional yang berpusat
di Sunnyvale, California, Amerika Serikat. Perusahaan ini terkenal
karena portal webnya, serta mesin pencari (Yahoo!
Search), Yahoo! Directory, Yahoo! Mail, Yahoo! News, Yahoo!
Finance,Yahoo! Groups, Yahoo! Answers, situs dan
layanan periklanan, peta daring, berbagi video, olahraga
fantasi dan media sosialnya. Yahoo! adalah salah satu situs web
terbesar di Amerika Serikat. Menurut sumber berita, sekitar 700 juta orang
mengunjungi situs-situs Yahoo! setiap bulannya. Yahoo! sendiri mengklaim bahwa
mereka berhasil menarik "lebih dari setengah miliar pengunjung setiap
bulannya ke situs-situsnya yang memiliki 30 bahasa."
Yahoo! Inc. didirikan oleh Jerry
Yang dan David Filo pada bulan Januari 1994 dan dibentuk pada 1
Maret 1995. Pada tanggal 16 Juli 2012, mantan eksekutif Google, Marissa
Mayer, ditunjuk sebagai CEO dan Presiden Yahoo!, efektif 17 Juli. Yahoo
telah mengangkat satu CEO setiap tahun selama lima tahun terakhir.
Yahoo! pada awalnya hanyalah
semacam bookmark (petunjuk halaman buku), ide itu berawal pada
bulan April 1994, saat itu dua orang alumniUniversitas
Stanford mendapat liburan ketika profesor mereka pergi ke
luar kota karena cuti besar. Dua mahasiswa teknik tersebut
hanya mempunyai sedikit pekerjaan yang harus dilakukan selain
menjelajah internet. Mereka tidak membutuhkan waktu lama untuk
mengkompilasi sebuah daftar bookmark yang besar, yang
dikelompokkan berdasarkan subyek. Kemudian mereka berpikir untuk memasukannya di web,
dan mulai bekerja membuat sebuah program database untuk
menanganinya sehingga dapat memberikan hasil secara online.
Domain yahoo.com dibuat pada tanggal 18
Januari 1995. Karena Yang dan Filo menyadari potensi besar yang dimiliki
oleh website mereka ini, akhirnya pada tanggal 1 Maret 1995, Yahoo
diresmikan sebagai badan hukum.
Fitur dari YAHOO
~Mode pencarian
Komunikasi
~Konten
~Mobile
~Perdagangan
~Usaha Kecil
~Link Bisnis / Periklanan
~Yahoo! Next
~Yahoo! BOSS
~Yahoo! Koprol
Manfaat dari YAHOO
Kita bisa ngengirim surat,file, dan
program dengan cepat dengan menggunakan layanan internet yang bernama yahoo
Kekurangan dan Kelebihan dari YAHOO
kelebihan:
1. carta
surat menyurat modern untuk membuat orang menjadi lebih maju
2. salah satu
web yang menyediakan layanan fasilitas gratis
3. salah
satunyapun yang anda bilang, bila di refresh cepat
4. banyak
fasilitas yang disediakan, seperti: Y!A Y!A Y! mail Y! 360 dan lain2
5. sudah ada
di banyak negara
kekurangan:
1. Satu id
yahoo hanya untuk yahoo, tak bisa untuk produk windows, seperti IM dan msn
2. Teralu
mudah untuk membuat id, sehingga kadang-kadang disalah gunakan
3. Fitur Y!M
msh sangat kalah jauh dengan IM keluaran windows
4. Skin untuk Y!M msh sangatlah simple,
tak seperti IM yang ada cukup banyak
Cara penggunaan Yahoo :
BLOG
Analisis BLOG
Sejarah
Blog merupakan singkatan dari web log adalah
bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat
sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini
seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti
isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini
biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan
topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.
Media blog pertama kali dipopulerkan
oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh Pyra Labs sebelum akhirnya
PyraLab diakusisi oleh Google.Com pada akhir tahun 2002 yang lalu.
Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber
terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis
blog tersebut.
Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam,dari sebuah
catatan harian, media publikasi dalam sebuah kampanye politik, sampai dengan
program-program media dan perusahaan-perusahaan. Sebagian blog dipelihara oleh
seorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis, .
Banyak juga weblog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya,
seperti menggunakan buku tamu dan kolom komentar yang dapat memperkenankan para
pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang
dipublikasikan, namun demikian ada juga yang yang sebaliknya atau yang bersifat
non-interaktif.
Situs-situs web yang saling berkaitan berkat weblog,
atau secara total merupakan kumpulan weblog sering disebut sebagai blogosphere.
Bilamana sebuah kumpulan gelombang aktivitas, informasi dan opini yang sangat
besar berulang kali muncul untuk beberapa subyek atau sangat kontroversial
terjadi dalam blogosphere, maka hal itu sering disebut
sebagai blogstorm atau badai blog.
Fitur BLOG
Dasar :
1.
Daftar Blog.
2.
Tampilan Slide.
3.
Link Berlangganan.
4.
Polling.
5.
Daftar.
6.
Daftar Link.
7.
Gambar.
8.
Teks.
9.
HTML/JavaScript.
10.
Feed.
11.
Label.
12.
Newsreel.
13.
Baris Video.
14.
Logo.
15.
profil.
16.
Arsip Blog.
17.
Header Halaman.
Manfaat BLOG
1. Menambah pengetahuan
2. Membantu orang lain
3. Menyalurkan bakat
4. Menghasilkan uang
Kekurangan dan
Kelebihan dari BLOG
Kelebihan:
1.
Sifatnya berdiri sendiri
sebagai media, selain itu blog juga cenderung non-formal dalam penggunaan
bahasa yang dipakainya.
2.
Memungkinkan terjadinya
interaktifitas atara sumber informasi dengan penerima informasi. Informasi yang
disampaikan akan langsung direspon, ditambahi, dikoreksi dan diperkaya oleh
orang lain. Oleh karena itu, suatu topic mungkin bisa menjadi lebih menarik
dengan adanya diskusi antara blooger.
3.
Membuat siswa menjadi
belajar tentang penggunaan teknologi yang semakin maju, misalnya dengan
penggunaan blog ini.
4.
Kita bisa mendapatkan
banyak pengetahuan dengan melihat dan membuat postingan yang bermanfaat.
kekurangan:
1.
Rentan terkena virus,
hacker atau spywere.
2.
Mudah disalahgunakan
fungsinya.
3.
Tulisan yang ada di dalam
blog kurang dapat dipertanggung jawabkan.
Cara penggunaan Blog :
Sumber:
http://maritaatiunnisa.wordpress.com/2014/01/09/social-networking-service-antara-path-instagram-dan-pinterest-3/
www.youtube.com
http://esasabila.blogspot.com/2013/10/manfaat-kekurangan-kelebihan-analisa.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar