PENGANTAR BISNIS INFORMATIKA
TUGAS 2
NPM :
52413901
NAMA : EMYLIAH
KELAS : 4IA12
Aspek
Pemasaran
Pemasaran adalah pelaksanaan dunia usaha yang
mengaarahkan arus barang-barang dan jasa-jasa dari produsen ke konsumen atau
pihak pemakai. Defenisi ini hanya menekankan aspek distribusi ketimbang
kegiatan pemasaran. Sedangkan fungsi-fungsi lain tidak diperlihatkan, sehingga
kita tidak memperoleh gambaran yang jelas dan lengkap tentang pemasaran.
Spesifikasi
Produk
Spesifikasi didefinisikan sebagai uraian yang
terperinci mengenai persyaratan kinerja (performance) barang/jasa atau
uraian yang terperinci mengenai persyaratan kualitas material dan pekerjaan
yang diberikan penyedia (conformance) barang/jasa.
Uraian
spesifikasi hendaknya memenuhi 5 W + 1 H. What mengandung unsur kualitas dan
kuantitas barang/jasa. When mewakili waktu. Where mengandung unsur lokasi. Who
menyangkut target kelompok penyedia yang dapat mengadakan barang/jasa. How
menunjukkan cara yang tepat untuk menjamin value barang/jasa yang didapatkan.
Terakhir why mewakili keterikatan barang/jasa dengan sasaran kegiatan.
Segmentasi Produk Pasar
Segmentasi
Pasar adalah kegiatan membagi-bagi pasar yang bersifat heterogen dari suatu
produk kedalam satuan-satuan pasar (segmen pasar) yang bersifat homogen.
Berdasarkan definisi diatas diketahui bahwa pasar suatu produk tidaklah
homogen, akan tetapi pada kenyataannya adalah heterogen. Pada dasarnya
segmentasi pasar adalah suatu strategi yang didasarkan pada falsafah manajemen
pemasaran yang orientasinya adalah konsumen. Dengan melaksanakan segmentasi
pasar, kegiatan pemasaran dapat dilakukan lebih terarah dan sumber daya yang
dimiliki perusahaan dapat digunakan secara lebih efektif dan efisien dalam
rangka memberikan kepuasan bagi konsumen.
Ada
empat kriteria yang harus dipenuhi segmen pasar agar proses segmentasi pasar
dapat dijalankan dengan efektif dan bermanfaat bagi perusahaan, yaitu:
• Terukur
(Measurable), artinya segmen pasar tesebut dapat diukur, baik besarnya, maupun
luasnya serta daya beli segmen pasar tersebut.
• Terjangkau
(Accessible), artinya segmen pasar tersebut dapat dicapai sehingga dapat
dilayani secara efektif.
• Cukup luas (Substantial), sehingga dapat
menguntungkan bila dilayani.
• Dapat dilaksanakan
(Actjonable), sehingga semua program yang telah disusun untuk menarik dan melayani segmen
pasar itu dapat efektif.
Analisa
Situasi Pasar
Pasar hendaknya ditentukan agar konsumen dan pesaing
dapat dianalisis secara tepat. Menurut Kotler (2000), syarat adanya pasar
adalah harus terdapat orang-orang dengan kebutuhan dan keinginan tertentu dan
satu atau lebih produk yang dapat memuaskan kebutuhan ini. Selain itu, para
pembeli juga mau dan mampu membeli produk yang memuaskan kebutuhan keinginan
mereka. Pasar produk merupakan produk khusus yang dapat memuaskan sejumlah
kebutuhan dan keinginan manusia yang mau dan mampu membelinya (Cravens, 2000).
Istilah produk menunjukkan produk fisik atau jasa pelayanan. Definisi ini
memadukan manusia atau organisasi dengan kebutuhan dan keinginan yang hampir
sama terhadap suatu kategori produk yang dapat memuaskan keinginan tersebut. Adapun
tahapan dalam analisis pemasaran sebagai berikut
Analisa
Pesaing
Persaingan antar merk dapat terjadi pada semua
struktur pasar produk. Biasanya perusahaan tidak bersaing langsung dengan semua
perusahaan dalam industri. Karenanya harus dilakukan identifikasi perusahaan
mana yang merupakan pesaing utama. Pengevaluasian strategi, kekuatan, kelemahan
dan rencana para pesaing juga merupakan aspek kunci analisa situasi. Evaluasi
ini penting untuk identifikasi pesaing yang sudah ada dan potensial. Hanya
beberapa perusahaan dalam industrinya yang menyimpulkan para pesaing utama.
Cravens (2000) menyatakan bahwa analisa pesaing meliputi pendefenisian arena
persaingan, penganalisisan group strategis, pengambaran dan pengevaluasian tiap
pesaing utama. Analisis tersebut harus menunjukan kekuatan dan kelemahan
pesaing.
Strategi
Promosi
Bagian yang tajam dari instrumen pemasaran adalah
pesan ( message ) yang dikomukasikan langsung kepada calon pembeli melalui
berbagai unsur yang terdapat dalam program promosi. Apabila calon pembeli telah
mengetahui produk perusahaan tersebut, berarti kesan tertentu telah
disampaikan. pada kenyataannya produk mempunyai suatu “citra” dalam pikiran
calon si pembeli, jadi merk dagang atau nama barang itu adalah simbol yang
menyampaikan pesan kepada calon pembeli. Kemasan barang juga menkomunikasikan
ide yang dapat meningkatkan atau menurunkan citra produk tersebut. Harga pun
menunjukan gagasan mengenai mutu, dan citra konsumen terhadap produk yang
dijual tersebut. Promosi merupakan suatu upaya yang dilakukan oleh perusahaan /
pemasar untuk mempengaruhi pihak lain agar turut berpartisipasi dalam perubahan
yang mereka lakukan.
Periklanan
Iklan
adalah segala bentuk penyajian informasi dan promosi secara tidak langsung yang
dilakukan oleh sponsor untuk menawarkan ide, barang atau jasa.(Keegan, Wareen
J., et.al.(1995), Marketing 2nd ed., Prentice Hall, Englewood Cliffs,New
Jersey).
Media
Promosi Berbasis TIK
Dalam kegiatan bisnis, pasar selalu menggunakan
berbagai media berbasis TIK untuk melakukan kegiatan promosi. Media tersebut
bisa melalui iklan, brosur, website, dan lain-lainnya. Umumnya jika melakukan
promosi melalui iklan, akan lebih cepat dikenal daripada media lainnya. Hal ini
disebabkan karena media yang digunakan biasanya umum sehingga masyarakat lebih
cepat mengetahui iklan yang sedang dipromosikan, sedangkan dengan brosur, kita
bisa melihat informasi dari promosi tersebut melalui sehelai kertas. Biasanya
isi kertas tersebut berisikan informasi dan gambar dari produk yang ditawarkan.
Website juga digunakan sebagai media promosi dari suatu pasar. Keuntungan dari
media melalui website ini adalah kita bisa memperoleh informasi yang lebih
jelas baik dari jenis, harga, maupun kualitas dari barang itu sendiri. Tampilan
website yang menarik, dapat membuat konsumen yang membuka website tersebut
tertarik untuk membeli produk tersebut.
Berikut Contoh media yang
biasa digunakan yaitu Brosur :
Memilih
Metode Promosi
Karena banyaknya metode promosi, maka pengalaman
menunjukan bahwa tipe produk yang berbeda akan membutuhkan campuran bahan
penjualan yag berbeda pula Ini dapat digambarkan dengan membandingkan strategi
promosi produk industrial dengan barang konsumen. Hal ini memicu variasi dalam
ciri – ciri merek saingan, dan juga perbedaan dalam kebijaksanaan merek,
saluran distribusi, dan kebijakan harga, cenderung membutuhkan perbedaan dalam
perpaduan promosi untuk tercapainya hasil yang menguntungkan.
Pengaruh dari faktor – faktor ini terhadap strategi
dasar promosi akan dilukiskan dalam pasal – pasal berikut :
1. Pengaruh Kebijaksanaan
Merek. Seorang pengusaha ( manufacture ) mungkin memilih menjual dengan memakai
mereknya sendiri, atau dengan merek sendiri dari para perantara, ataupun tanpa
memakai merek.
2. Pengaruh Saluran Distribusi. Keputusan – keputusan mendasar mengenai
kebijaksanaan distribusi juga akan mempengaruhi strtegi penjualan.
3. Pengaruh Kebijaksanaan harga. Dalam menetapkan harga bagi suatu
produk, banyak perbedaan pratek dapat dijalankan. Pada satu pihak, seorang pengusaha
mungkin memutuskan untuk bersaing terutama berdasarkan harga, dengan akibat
hanya margin kecil saja yang dapat diperoleh dari aktivitas penjualan tersebut.
4. Pendekatan
yang disarankan untuk menentukan strategi promosi.
Sumber :
Komentar
pribadi mengenai aspek pemasaran
Jika ingin mendirikan sebuah perusahaan atau
usaha apapun hendaknya memperhatikan aspek pemasaran dimana ini merupakan
faktor strategis atau kunci dari keberhasilan perusahaan, jika permintaan
terhadap produk/jasa yang dibuat kurang memadai seluruh kegiatan aspek-aspek
yang lain mungkin tidak akan terwujud.
Apabila prospek permintaan terhadap
permintaan produk lebih kecil dari penawarannya maka sistem produksi produk
tersebut tidak layak dilaksanakan. Untuk mengetahui potensi permintaan dan
penawaran terhadap suatu barang dan jasa, perlu dilakukan penelitian yang
mendalam tentang perkembangan permintaan dan jumlah pemasoknya. Dan kegiatan
promosi juga mempengaruhi permintaan barang dan jasa.
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
BalasHapus